RSS

DIRECT SELLING dan CONTOH PRODUK yang berhasil dipasarkan

DIRECT SELLING dan CONTOH PRODUK yang berhasil dipasarkan
Tulisan ini saya nemu dilaptop dengan nama (TUGAS MR. NASIR), yap, ini adalah tugas bisnis pengatar mata kuliah smester 2.
Menjual barang/jasa secara langsung kepada pelanggan, atau yang biasa disebut sebagai direct selling memang sudah menjadi cara marketing yang umum. Namun masuknya era teknologi digital, membuat cara yang dulu sempat populer ini tak lagi diperhitungkan, khususnya oleh pemasar muda.Jika ditelusuri, kini media sosial memang sudah menjadi alat marketing yang populer. Coba saja perhatikan, para pelaku UKM kerap memasarkan produknya lewat media berbasis internet seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Bahkan mereka juga menggunakan berbagai aplikasi berbasis mobile sejenis BlackBerry Mesanger dan Whatsapp.
Tidak hanya pemasar muda, perusahaan besar juga menggunakan media sosial dengan gencar, meski tidak secara frontal untuk jualan layaknya pelaku UKM. Tapi cara ini diaku efektif untuk membentuk brand awareness.Melirik fenomena diatas, timbul pertanyaan seperti, bagaimana nasib direct selling? Masih pentingkah untuk dunia marketing? Menurut beberapa pelaku wirausaha sukses yang merambah bisnisnya dari bawah, direct selling ternyata masih cukup efektif. Bahkan menurut mereka, semua pebisnis perlu menerapkan direct selling.
Secara teoritis DEFINISI DIRECT MARKETING
1.      Menurut Lynne De Weaver “ Pemasaran langsung adalah cara melakukan bisnis dengan menempatkan penekanan besar pada pelanggan daripada pada peroduk atau jasa”
2.      Direct Marketing adalah sistem marketing dimana organisasiberkomunikasi secara langsung dengan target customer untukmenghasilkan respons atau transaksi.
3.      Menurut Kotler dkk “Direct marketing consists of directconnections with carefully targeted individual consumers to bothobtain an immediate responds and cultivate lasting customerrelationships”
4.      Menurut Davit shepard (1999:3) “Direct Marketing adalah proses pemasaran informasi,membuat kemungkinan dengan teknologi database pemasar dapat mengembangkan, menguji, mengimplementasikan, mengu kur, dan tentunya dapat menentukan perubahan dan penyesuaian program dan strategi pemasaran”.
5.      Menurut Abdi (2009:1) Direct Marketing adalah media promosi yang melibatkan total satuan aktivitas dimana penjual mencoba untuk menimbulkan sutau respon.
KARAKTERISTIK
karakteristik Direct Marketing sebagai berikut:
1.      Nonpublik: Pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu, misalnya pengiriman surat via pos atau email, itu berarti yang mengetahui pesan tersebut hanya pihak terkait saja, public tidak mengetahui.
2.      Disesuaikan: Pesan dapat disiapkan dan dirancang dengan sebaik- baiknya terlebih dahulu sebelum dikirimkan kepada orang yang bersangkutan agar ia tertarik.
3.      Terbaru: Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat sesuai dengan kondisi terkini.
4.      Interaktif: Pesan dapat diubah sesuai tanggapan orang yang berkaitan sehingga menimbulkan suatu komunikasi yang interaktif.
FAKTOR YANG PERLU DI PERHATIKAN
Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam berpromosi adalah:
1.      Tentukan terlebih dulu pasar sasaran yang ingin kita bidik, hal ini berhubungan dengan segmentasi pasar.
2.      Tentukan tujuan promosi, apakah untuk menginformasikan, mempengaruhi atau untuk mengingatkan.
3.      Pengembangan pesan yang disampaikan, hal ini berhubungan dengan isi pesan, struktur pesan, gaya pesan, dan sumber pesan.
4.      Pemilihan bauran komunikasi, apakah itu komusikasi perorangan atau bukan.
MEDIA PROMOTION DIRECT MARKETING
1.      direct mail
2.      cAtalog
3.      Broadcast media
4.      Imfomercial
5.      Premedia
6.      Telemarketing
7.      elektronik teleshoping
KELEBIHAN & KEKURANGAN
Kelebihan Direct Marketing bagi perusahaan diantaranya:
1.      Targeting, targeting merupakan suatu strategi untuk memilih, menyeleksi dan menjangkau suatu pasar. Dengan Direct Marketing diharapkan suatu produk/jasa dapat menjangkau target pasarnya
2.      Cost Effective, biaya yang dikeluarkan jauh lebih efektif mengingat penjualan yang dilakukan adalah penjualan yang berulang (repeat sales) dengan target pasar yang cukup jelas.
3.      Flexibility: Direct marketing dapat dilakukan melalui berbagai jenis bentuk media.
4.      Control & Accountability, dengan Direct Marketing akan mudah dihitung respon yang muncul dari kegiatan marketing disamping dapat mempermudah pembuatan anggaran promosi.
5.      Measures of effectiveness: Dengan direct media, feedback dapat diperoleh langsung dari konsumen.
6.      Opportunity to test, dengan Direct Marketing, kegiatan risetharga, promosi, dan penentuan waktu dapat dengan mudahdilakukan.
7.      Personalization: dengan menggunakan direct media pesan yangdisampaikan dapat dikustomisasi untuk konsumen yang dituju.
8.      Consumer Database, database konsumen dapat dengan mudahdibentuk dalam Direct Marketing sehingga dapat diraih penjualanyang berulang dari satu pelanggan.
9.      Long Term Customers, kesempatan untuk membentuk hubunganjangka panjang dengan konsumen dapat dilakukan melalui databasekonsumen yang sudah ada.
10.  Multi Functional, database konsumen dapat digunakan untukmembuat profil konsumen, membagi konsumen dalam berbagaisegment, mengumpulkan informasi tentang suatu produk/jasa dan
kekurangan Direct Marketing bagi perusahaan adalah:
1.      Image Factors, Direct Marketing yang dilakukan lewat pengiriman surat misalnya, konsumen yang ditelepon setiap saat ataupun penawaran lewat sales dapat menimbulkan citra negatif dimata konsumen terutama saat konsumen membutuhkan privacy atau tidak mau diganggu. Peran perusahaan dalam melihat saat yang tepat bagi konsumen merupakan solusi masalah ini Ketepatan, Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market yang dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
2.      Content Support, untuk melaksanakan Direct Marketing diperlukan fasilitas dan sarana yang cukup memadai misalnya fasilitas telepon on-line, SDM yang handal dan menguasai informasi suatu produk/jasa dimana perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyediakan fasilitas tersebut.
3.      Rising costs: Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct mail makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media internet

Adapun beberapa produk yang telah berhasil menerapkan direct selling adalah :

1.      Oriflame

Didirikan pada tahun 1967 oleh dua bersaudara dan teman mereka, saat ini Oriflame telah menjadi perusahaan kecantikan internasional dengan sistem penjualan langsung di lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Portfolio yang luas dari produk-produk kecantikan Swedia yang alami, inovatif dipasarkan melalui melalui tenaga penjualan sekitar 3.600.000 Consultant mandiri , yang bersama-sama membuat penjualan tahunan melebihi beberapa € 1,5 miliar.
2.      Maicih (Kripik super pedas)
Populer dengan penjualannya di Twitter, Maicih (yang logonya wajah perempuan hadap kiri) sebenarnya memulai penjualannya dengan cara direct selling. Setelah banyak disukai, barulah Axl (sang Presiden Republik Icih) menggunakan Twitter untuk lebih mempopulerkan lagi produknya ke khalayak ramai.“Direct selling itu penting. Awalnya kita juga menggunakan metode itu untuk jualan dan mengetahui minat konsumen terhadap produk kita. Selain itu, jendral – jendral kita juga gentayangan untuk jualin Maicih, Twitter lebih banyak digunakan sebagai penyampaian informasi,” ucap Reza Nur Hilman.
3.      Uni Farah (Rendang)
Meski menjual produknya via website ponsel (SMS & telepon), namun produsen rendang yang sudah populer ini pernah ikut berbagai bazar untuk memperkenalkan produknya secara langsung. Setidaknya dengan begitu, ia bisa mengetahui, hal apa yang dapat menarik perhatian konsumen.Reno Andam Suri, pemilik Uni Farah memang netral dengan berbagai metode marketing. Ia mengatakan bahwa penting atau tidaknya direct selling itu tergantung pada jenis produk dan kebijakan perusahaannya. Tapi ia juga sempat berujar, “Marketing bukan hanya media sosial dan brosur. Ngobrol, sharing, bahkan ketemu orang dibidang lain juga termasuk marketing. Karena Anda akan mewakili produk yang Anda usung.”
Jadi masih adakah yang berpikir untuk melupakan metode direct selling? Setidaknya bila tidak ingin berjualan secara langsung, Anda bisa merombaknya dengan melakukan pendekatan persuasif.



Thanks untuk :
http://beritawonganteng.blogspot.com/2010/05/pemasaran-langsung-direct-marketing.html¢
http://communicationista.wordpress.com/2009/07/03/direct- marketing¢
http://repository.upi.edu/operator/upload/s_b5351_05389 8_pahliawan,nogus_chapter2.pdf¢ Sumber modifikasi dari berbagailiteratur(2010)¢ http://beritawonganteng.blogspot.com/2010/05/pemasaran-langsung-direct-marketing.html¢
http://andapitaj.blogspot.com/2009/06/keuntungan-direct- marketing-bagi.html


3 komentar:

Unknown mengatakan...

mkasih buanyak

y4h3 mengatakan...

Siapa yang ga mau punya bisnis Franchise kayak Ind*mart dan Alf*mart punya penghasilan diatas 10 juta perbulan. Tapi modalnya gede banget…. Minimal modal kita harus ratusan juta rupiah bahkan sampai Milyaran rupiah. Untuk BEP aja perlu beberapa tahun.

Pertanyaannya :

“ADA GA SIH BISNIS FRANCHISE DENGAN MODAL <50JT BISA BEP DALAM HITUNGAN BULAN SAJA TAPI AMAN DAN MUDAH ?”

Jawabanya :

ADA, bahkan Sangat Mudah dan Aman, juga bermanfaat bagi kita, sehat badan, sehat pula di kantong…. 

Penasaran ????

Kunjungi dan gabunglah di www.viptrust.info/?m=1511290004

Rasakan manfaatnya. Kalo bukan kita siapa lagi? Masa depan Anda adalah produk tindakan Anda saat ini. SO, Lets Do It…. Lets begin…!!!!

cahyo mengatakan...

Apakah anda saat ini sering melakukan promosi, namun mirisnya tidak ada yang membeli satupun, padahal sudah mengeluarkan modal yang banyak, dan yang ruginya lagi anda tidak balik modal. Jangan biarkan ini terjadi kalau mindset anda ingin sukses.

Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, sekarang anda bisa tahu kesalahan promosi dan solusinya agar lebih 7 kali liapt untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak, DIJAMIN, kalau penasaran KLIK SEKARANG DISINI

Posting Komentar